Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Karantina II Duta Vokasi 2024

karantina-ii-duta-vokasi-2024
Karantina II Duta Vokasi 2024
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Badan Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Surabaya

Surabaya, Jurnalnews – Sebanyak 10 peserta Finalis Duta Vokasi 2024 yang berasal dari beberapa program studi terpilih di Fakultas Vokasi Kampus B Universitas Airlangga Surabaya mendapatkan pelatihan Table Manner selama satu hari di laboratorium Manajemen Perhotelan yang dilaksanakan pada hari Minggu 4 Agustus 2024. Pelatihan diberikan langsung oleh mentor dosen senior Manajemen Perhotelan Dr. Bambang Suharto, SST., MM.Par., CHE yang juga mantan GM di beberapa hotel berbintang di Bali dan pernah menjadi Juri di PPI (Putri Pariwisata Indonesia) bersama tim Eljon.

Dalam kegiatan Karantina II Pemilihan Duta Vokasi tersebut Bambang menjelaskan, belajar table manner dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang yang bisa diterima dalam suatu pergaulan budaya global di sebuah perjamuan makan. Di tengah perbedaan budaya tata cara makan dan yang dimakan dalam suatu pergaulan global dalam perspektif Duta Vokasi yang sekaligus Duta Budaya, kita harus mampu menempatkan diri memahami banyak budaya etika makan berbagai suku bangsa, sehingga saling bisa memperkenalkan keunikan etika budaya makan masing-masing sebagai keunggulan pribadi duta. Selain itu, dengan memahami etika sopan santun di meja makan apa yang seharusnya boleh dan apa yang tidak seharusnya dilakukan, juga ikut menjaga menghargai dan menghormati kenyamanan orang lain dalam sebuah acara.

Duta vokasi sebagai Duta Budaya memahami table manner mindsetnya bukan merupakan tata cara makan yang baik yang mengacu pada salah satu budaya Ala Eropa atau Oriental saja yang kemakan oleh global order, namun lebih luas lagi sebagai pengetahuan untuk saling mengenalkan dan menghormati budaya masing-masing dalam pergaulan di tingkat internasional. Di sini mindset Duta Vokasi dalam menghadapi global order bukan polycentric (host-country orientation) atau geocentric (world-orientation), tetapi cenderung memiliki prinsip ke ethnocentric (home-country orientation). Untuk menyenangkan pergaulan bersama turis tidak lantas semua harus serba memakai kebiasaan turis atau budaya turis berbahasa turis berselera turis, beretika makan gaya turis atau serba kebarat-baratan tanpa kita saling mengenalkan budaya makan kita ke mereka agar mereka juga belajar sopan santun ala budaya kita. Oleh karena itu, di sini Duta Vokasi dibekali bagaimana melestarikan dengan mengembangkan budaya etika makan Ala orang Indonesia sebagai orang timur yang juga memiliki adab dalam perjamuan makan yang diperkaya dari etika makan para suku-suku.

Oleh karena itu, seorang Duta Vokasi terpilih harus memahami budaya mana yang harus dilestarikan, dikembangkan, atau yang boleh dikomersilkan. Termasuk budaya tata cara makan kita di seluruh nusantara. Kita harus mengetahui dari awal hingga akhir makan di perjamuan.

  1. Finalis dapat memahami apa itu table manner.
    1. Finalis dapat mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan fine dining.
    1. Finalis dapat mengimplementasikan table manner dengan benar bagi kehidupan sehari-hari.

Karantina Pemilihan Duta Vokasi 2024 merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang termasuk dalam Pemilihan Duta Vokasi 2024. Kegiatan ini menjadi tahap persiapan dan pembekalan para finalis yang nantinya akan menjabat sebagai Duta Vokasi Universitas Airlangga 2024 selama 1 tahun periode kepengurusan. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, yaitu 3-4 Agustus dan 10 Agustus 2024. Nantinya, akan dihadirkan narasumber yang berpengalaman di bidangnya masing-masing untuk membagikan sedikit pengalaman dan wawasan mengenai materi-materi yang telah ditentukan. Materi yang akan diberikan pada Karantina Day 2 yaitu sebagai berikut :

Pengisi materi: Duta Vokasi

Pengisi materi: Ni Made Prami Dewanggi

Pengisi materi: Dr. Bambang Suharto, SST., MM.Par., CHE.

(Bambang Suharto)

Exit mobile version